Get Free Daily Email Updates!

Follow Us !

Jumat, 07 Desember 2012

Dampak Jika Nyamuk Musnah Di Muka Bumi ?

Nyamuk, makhluk kecil tapi sering membuat orang-orang jengkel. Vampire-nya kaum hewan, penghisap darah manusia. "Apa sih manfaat nyamuk? Kenapa tidak musnah saja nyamuk itu". Mungkin kata-kata ini sering terlontar dari beberapa orang termasuk kita, dan artikel saya kali ini akan membahas bagaimana jika semua nyamuk di muka bumi ini musnah, TANPA JEJAK !. Baiklah, langsung saja kita bahas masalah nyamuk yang sangat menjengkelkan ini, semoga anda dapat mengambil kesimpulan dari sedikit artikel yang saya tulis di blog jelek ini.
 
Para ilmuwan memperkirakan, nyamuk telah hidup berdampingan dengan makhluk lain di bumi sejak seratus tahun yang lalu. Setidaknya sekarang ini ditemukan 3.500 spesies nyamuk yang ada di bumi, dan hanya ratusan spesies yang menyerang manusia. Nah, bagaimana kalau semua nyamuk yang ada di planet ini musnah atau tak ada lagi?

Punahnya satu makhluk pasti berdampak pada ekosistem secara keseluruhan. Jika nyamuk punah, dampak paling besar yang akan segera terjadi ada di habitat tundra (padang es) di Kutub Utara. Tempat itu merupakan sarang terbesar spesies nyamuk Aedes impiger dan Aedes nigripes. Mereka adalah salah satu makanan kesukaan para burung. Jika mereka punah, maka migrasi burung akan berkurang hingga 50% karena berkurangnya makanan mereka.

Migrasi satwa lain juga akan terpengaruh, antara lain karibu (sejenis rusa kutub). Ribuan karibu yang sebelumnya menghindari gigitan nyamuk akan segera menyerbu wilayah tundra, dan hal itu pasti akan diikuti para serigala yang merupakan predator utama para karibu.

Kemudian, spesies ikan pemakan nyamuk, Gambusia affinis, juga akan terancam punah jika nyamuk sudah tidak ada. Punahnya ikan ini setidaknya akan berdampak pada rantai makanan yang terjadi di perairan air tawar.

Yang lebih penting lagi, larva atau jentik nyamuk, turut berperan dalam penguraian sampah organik. Ketika berada di genangan air, jentik-jentik tersebut mendapatkan nutrisi untuk tumbuh dari sisa-sisa tanaman yang membusuk. Itu hanya sebagian kecil yang mungkin akan terjadi jika nyamuk benar-benar punah dari muka bumi.

Karena nyamuk, rata-rata setiap tahun terjadi 247 korban kematian manusia akibat malaria. Jika tidak ada nyamuk, akan terjadi kekacauan pada ekosistem di planet kita. Jadi anda lebih memilih mana?
 
Silahkan anda mengambil keputusan dan pilihan sendiri. Karena Setiap Pilihan & Keputusan Yang Anda Buat, Akan Berdampak Pada Masa Depan Anda Dan Dunia Ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah Dengan Sopan, Dan Tidak Meninggalkan SPAM !